Kamis, 09 Desember 2010

Konsumsi Biji-bijian Untuk Kesehatan Yang Optimal


Menambahkan banyak biji-bijian ke dalam diet Anda sebagai makanan sehat akan menguntungkan bagi kesehatan Anda, juga bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Tapi tahukah Anda apa itu biji-bijian dan apa manfaatnya bagi kesehatan?

Apa Itu Biji-bijian?
1. Biji-bijian adalah seluruh biji (atau kernel) dari sebuah tanaman. Sebuah benih tunggal dari gandum mengandung tiga bagian yang berbeda: kulit biji, endosperm dan benih. Jika tiga bagian dari gandum dimasukkan, makanan dianggap sebagai gandum.
2. Kulit biji. Lapisan luar benih: kaya akan serat, vitamin B, 50% sampai 80% dari mineral biji-bijian, dan fitokimia untuk meningkatkan kesehatan Anda.
3. Benih. Embrio di dalamnya: kaya akan vitamin B, vitamin E, trace mineral dan sejumlah kecil lemak tak jenuh yang sehat, fitokimia dan antioksidan.
4. Endosperm. Saripati: mengandung karbohidrat, beberapa jenis protein dan sejumlah kecil vitamin B. Butiran ini digiling, retak, atau dipipihkan termasuk dengan kulit biji, benih, dan sebagian besar saripati kernel (endosperm).

Beberapa contoh biji-bijian yang mudah kita temui adalah: gandum, oatmeal, biji jagung, beras merah, beras putih, gandum utuh, amaranth, millet, quinoa, dan soba.

Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan
Bukti medis telah menunjukan bahwa konsumsi biji-bijian secara rutin dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes. Konsumsi biji-bijian secara teratur juga mengurangi resiko Anda mengalami obesitas, yang diukur dengan indeks massa tubuh dan rasio ukuran pinggul, serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah Anda. Beberapa jenis makanan yang ada di dunia menawarkan manfaat yang berbeda untuk kesehatan.

Biji-bijian mengandung fitokimia dan antioksidan. Konsumsi biji-bijian sebanyak 3 kali sehari telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 25-36%, stroke sebesar 37%, diabetes tipe 2 sebesar 21-27%, kanker saluran pencernaan sebesar 21-43%, dan kanker yang berhubungan dengan hormone sebesar 10-40%.

Mengkonsumsi jenis biji-bijian yang tepat dalam jumlah yang tepat dapat membantu Anda:
1. Menurunkan kadar trigliserida Anda.
2. Menurunkan tekanan darah Anda.
3. Mengontrol insulin Anda.
4. Konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya.
5. Membantu mengendalikan berat badan Anda.
6. Memperlambat penumpukan plak di arteri Anda.

Masukkan Biji-Bijian Dalam Diet Anda
Berikut ini adalah cara yang lebih mudah untuk memasukkan biji-bijian ke dalam makanan Anda sehari-hari:
Ganti separuh tepung putih dengan tepung gandum dalam resep masakan Anda pada kue, muffin, roti dan pancake. Atau tambahkan tepung yang berasal dari biji-bijian lainnya sebanyak 20%.
Ganti 1/3 tepung dalam resep Anda dengan oats.
Tambahkan setengah cangkir bulgur yang telah dimasak, beras liar, atau barley.
Tambahkan setengah cangkir gandum yang telah dimasak, beras liar, beras merah, bulgur atau barley kedalam makanan favorit Anda.
Gunakan tepung jagung untuk membuat kue jagung, roti jagung dan muffins jagung.
Tambahkan 3/4 cangkir oats yang belum dimasak untuk setiap kilogram daging sapi atau ayam saat Anda membuat bakso, burger atau meatloaf.
Campur segenggam oat ke dalam yogurt, agar lebih cepat kental sehingga tidak perlu dimasak.

Makanlah biji-bijian setidaknya tiga ons atau minimal satu ons perhari. Dengan melakukan ini Anda telah mengurangi resiko terkena berbagai penyakit dan juga membantu Anda mencapai diet yang sehat. Biji-bijian sangat lezat dan sehat. Jika Anda benar-benar ingin mencapai kesehatan yang optimal, biji-bijian merupakan sumber lengkap untuk nutrisi, antioksidan dan fitokimia penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Nah, mulai sekarang tambahkan biji-bijian untuk diet sehat Anda sehari-hari. Dan dapatkan manfaat biji-bijian bagi kesehatan Anda!

10 komentar:

  1. cieeeehhhh jadi blogger uy ayeuna mah

    BalasHapus
  2. Keren, jadi termotifasi

    BalasHapus
  3. Bebay@ kamu siapa ya??

    Anonim@ Terimakasih komennya, beri tahu rekan-rekan anda untuk buka Blog ini.

    BalasHapus
  4. Nice. Keep it up! and Thanks for dropping by my blog!

    BalasHapus
  5. Gypsy Scribbles@ Sama-sama...

    BalasHapus
  6. mantapnie blog.. nyaman rasnya ketika baca postinganya...

    BalasHapus
  7. senang berkunjung ke blog tips-shared seperti ini *Salam kenal

    BalasHapus
  8. Jadi seperti hamster yg makan biji-bijian..

    nice info..

    BalasHapus