Kamis, 25 November 2010

Diet: Sebuah Proses


Banyak orang mengartikan diet sebagai hasil akhir. Tetapi ada bagian lain dari diet yang sama pentingnya dengan hasil akhir yang didapat dari diet. Apakah itu?

Diet: Bagian Dari Hidup
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi “The inn is not as comforting as the journey.” Ya, saat melewati perjalanan jauh, tentu kita berpikir perlunya istirahat dan sejenak menyegarkan diri. Begitu pula dengan diet. Bagi yang sepanjang hidup berjuang untuk menurunkan berat badan, diet adalah sahabat yang paling setia. Terkadang Anda merasa jenuh, saat pertama kali melakukannya Anda merasa sangat tertantang, dan mulai merasakan sedikit demi sedikit perubahan pada tubuh Anda dan mulai mengurangi diet.

Dari tahun ke tahun puluhan cara diet mengalami siklus pasang surut. Banyak personal trainer berbiaya mahal yang berjanji akan membuat bentuk tubuh Anda lebih ideal dalam waktu 6 bulan atau menawarkan program sederhana yang terlihat sangat menyenangkan dengan hanya berlatih 20 menit sehari dan 3 kali seminggu! Seumur hidup, mungkin Anda sudah mencoba beberapa cara diet atau kembali mengulang diet yang sama beberapa kali.

Bahkan dengan semua janji-janji ini Anda bisa melihat beberapa orang yang berhasil menurunkan berat badan tanpa melakukan diet dan berolahraga tetapi menggunakan salah satu dari “metode” diet modern. Namun, beberapa juga merasa diet mereka tetap tidak berhasil!

Diet: Perlu Kombinasi Yang Tepat
Orang yang ingin menurunkan berat badan bebas memilih pola diet yang diinginkannya. Tetapi, yang paling penting adalah mengatur pola makan dengan benar dan latihan teratur. Terapkan program diet ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, faktor paling penting lainnya yang menentukan keberhasilan Anda adalah pikiran dan mentalitas Anda sendiri. Ya, pikiran untuk maju dan berubah adalah inti dari semua ini, tidak tergantung pada diet atau sekedar rutin melakukan latihan tertentu. Anda harus berkeinginan kuat untuk mencapai keberhasilan. Jadi, pola diet, latihan serta motivasi adalah kombinasi sempurna untuk hasil diet optimal.

Diet: Proses Meraih Tujuan
Dalam diet, Anda telah menetapkan tujuan dan dan mencoba untuk mencapai tujuan. Diet hanyalah awal dari sebuah proses. Keberhasilan mencapai tujuan bukanlah akhir dari jerih payah Anda selama ini. Keberhasilan ini adalah awal dari sebuah tujuan baru.

Masih ingat saat kita melewati jenjang sekolah dasar? Setiap tahun kali Anda menyelesaikan satu jenjang kelas, maka akan ada kelas berikutnya, Anda berada pada level yang berikutnya. Level yang lebih tinggi dan menantang!

Kini “diet” yang Anda lakukan harus tetap dijalankan untuk mencapai tujuan yang baru: “Pertahankan gaya hidup sehat!”. Gaya hidup seperti ini akan Anda lakukan dalam jangka waktu panjang, jadi selalu ingat untuk kuatkan pikiran dan mental Anda demi kesehatan dan kebugaran seumur hidup. Setelah Anda menyadari bahwa seluruh perubahan yang terjadi pada kesehatan dan kebugaran dicapai melalui tahap yang sulit. Maka Anda akan merasa bertindak bijak untuk terus mempertahankan pola hidup tersebut.

Yang terpenting dari diet Anda bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang telah Anda lalui. Ingatlah segala perjuangan yang telah Anda lakukan selama ini. Kenali segala hal di dunia ini sebagai sebuah proses, bukan sebuah hasil akhir. Maka Anda akan selalu merasa senang untuk menjalani hidup. Terutama hidup dengan tubuh yang sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar